Kisi UM Bahasa Inggris 2022

 


KISI KISI UM MTS MAPEL BAHASA INGGRIS 2022

BENTUK SOAL       : PILIHAN GANDA & Essay

 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

                      IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

1

3.3. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks

8/1

Memberikan dan merespon ungkapan prohibition

Prohibition

Disajikan dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan larangan yang tepat

 

 

 

1

 

 

 

PG

2

3.4 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyuruh, mengajak, meminta ijin, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

8/1

Memberikan dan merespon ungkapan meminta izin.

Asking for perrmission

Disajikan dialog rumpang siswaa dapat melengkapi dengan ungkapan meminta ijin yang tepat

 

 

 

2

 

 

 

PG

3

3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

9/1

Memberikan dan merespon ungkapan persetujuan

Agreement

Disajikan dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan persetujuan yang tepat

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

PG


 

NO

KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

           IPK

MATERI

    INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

4

3.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)

7/1

Memberikan dan merespon ungkapan jati diri

Jati diri

Disajikan dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan jati diri yang tepat

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

PG

5.

3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

8/1

Memberikan dan merespon ungkapan memberi pendapat

Opinion

Disajikan dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan meminta/memberi pendapat dengan tepat

 

 

 

 

5

 

 

 

 

PG

6

3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

8/1

Memberikan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman

Checking understanding

Disajikan dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan mengecek pemahaman yang tepat

 

 

 

 

6

 

 

 

 

PG


 

NO

KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

          IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

7

3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya

8/2

3.12.1

Mengidentifikasi fungsi sosial

Notice

Disajikan teks fungsional pendek notice ditempat umum, siswa dapat menentukan

dimana teks tersebut dijumpai

 

 

 

7

 

 

 

PG

3.12.2

Mengidentifikasi fungsi sosial

Disajikan teks fungsional pendek notice ditempat umum, siswa dapat menentukan tujuan/manfaat dari teks tersebut dengan tepat

 

 

 

8

 

 

 

PG

3.12.3 Memahami isi teks

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan rincian tindakan setelah membaca notice tersebut dengan tepat

 

 

 

9

 

 

 

PG

8

3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks

8/2

3.12.1

Mengidentifikasi fungsi social

Short Message

Disajikan teks fungsional pendek pesan singkat kegiatan sehari-hari, siswa dapat menentukan tujuan dari teks tersebut dengan tepat

 

 

 

10

 

 

 

PG


 

NO

    KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

            IPK

MATERI

  INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

 

Penggunaannya

 

3.12.2 Memahami isi teks

 

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan rincian informasi dari teks tersebut dengan tepat

 

 

11

 

 

PG

3.12.3

mengidentifikasi unsur kebahsaan

Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama . Siswa dapat menentukan rujukan yang tepat dari kata yang digaris bawahi.

 

 

 

12

 

 

 

PG

9

3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya

9/2

3.10.1

Mengidentifikasi fungsi sosial

Advertisement

Disajikan teks fungsional pendek iklan produk/jasa, siswa dapat menentukan sasaran pembaca dari teks tersebut dengan tepat

 

 

 

13

 

 

 

PG

3.10.2 Memahami gambaran umum

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan rincian deskripsi/unggulan dari iklan tersebut dengan tepat

 

 

14

 

 

PG

3,10.3

Mengidentifikasi unsur kebahsaan

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata/kata kerja passive voice dengan tepat

 

 

15

 

 

PG


 

NO

   KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

         IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

10

3.3 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya

9/1

3.3.1 Mengidentifikasi fungsi social

Label

Disajikan teks fungsional pendek label produk kesehatah/ makanan/ minuman, siswa dapat menentukan tempat dimana teks tersebut ditemukan dengan tepat

 

 

 

 

16

 

 

 

 

PG

3.3.2 Memahami gambaran umum

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan rincian informasi terkait fungsi dari teks tersebut dengan tepat

 

 

 

17

 

 

 

PG

3.3.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan

Disajikan kalimat rumpang terkait dengan teks yang sama, siswa dapat menentukan kata depan dengan tepat

 

 

18

 

 

PG

11

3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan Pmeminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan

8/2

3.12.1Mengidentifikasi fungsi sosial

Announcement

Disajikan teks fungsional pendek pengumuman kegiatan di luar sekolah, siswa dapat menentukan tujuan/topik teks tersebut dengan

tepat

 

 

 

19

 

 

 

 

 

PG


 

NO

KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

      IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

 

konteks penggunaannya

 

3.12.2 Memahami gambaran umum

 

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan rincian informasi dari teks

tersebut dengan tepat

 

 

20

 

 

PG

3.12.3 Menentukan persamaan kata

Disajikan kalimat rumpang terkait dengan teks yang sama, siswa dapat menentukan persamaan kata

dengan tepat

 

 

21

 

 

 

 

PG

12

3.11 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

9/2

3.11.1 Mengidentifikasi fungsi sosial

Lirik lagu

Disajikan teks fungsional pendek lirik lagu, siswa dapat menentukan topik teks tersebut

dengan tepat

 

 

22

 

 

PG

3.11.2 Memahami makna kata

Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata yang digaris bawahi dari teks tersebut dengan tepat

 

 

 

 

23

 

 

 

 

PG

13

3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana, sesuai

7/2

3.7.1Mengidentifikasi fungsi sosial

Descriptive text

Disajikan teks deskriptif orang/ binatang/ barang kesayangan, siswa dapat menentukan topik/tujuan teks

tersebut dengan tepat

 

 

 

24

 

 

 

PG


 

NO

   KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

           IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

 

dengan konteks penggunaannya

 

3.7.2 Memahami isi bacaan

 

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan pikiran utama paragraf terakhir dari teks tersebut dengan

tepat

 

 

25

 

 

PG

3.7.3 Mengidentifikasi Unsur kebahasaan

Disajikan kata acak terkait dengan teks yang sama, siswa dapat menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat

yang benar.

 

 

26

 

 

PG

14

3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

9/2

3.9.1 Mengidentifikasi fungsi sosial

Report text

Disajikan teks report tentang tumbuhan langka/ binatang langka, siswa dapat menentukan topik/dampak (akibat) setelah membaca teks

tersebut dengan tepat

 

 

 

 

27

 

 

 

 

PG

3.9.2 Mengidentifikasi gambaran umum

Disajikan teks yang sama, siswa dapat mengidentifikasi informasi rinci uang terdapat dalam

bacaan

 

 

28

 

 

PG

3.9.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu yang

terdapat dalam bacaan

 

 

29

 

 

PG


 

NO

     KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

   IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

15

3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

9/1

3.4.1 Mengidentifikasi fungsi sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Procedure text

Disajikan teks procedure tentang membuat makanan, siswa dapat mengidentifikasi maksud/ tujuan penulisan teks

procedure

 

 

 

30

 

 

 

PG

3.4.2 Mengidentifikasi struktur teks

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan rincian langkah dari teks tersebut dengan

tepat

 

 

31

 

 

PG

3.4.3 Memahami persamaan kata

Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan persamaan kata dari kata yang digaris

bawahi dengan tepat.

 

 

 

32

 

 

 

PG

16

3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

7/2

3.7.1 Mengidentifikasi fungsi sosial

 

 

 

 

 

Descriptive text

Disajikan teks deskriptif tentang tempat wisata/ gedung wisata , siswa dapat menentukan topik teks tersebut

dengan tepat

 

 

 

33

 

 

 

PG

3.7.2 Mengidentifikasi gambaran umum

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan pikiran utama paragraf dari teks tersebut dengan tepat

 

 

34

 

 

PG


 

NO

KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

        IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

 

 

 

3.7.3Memahami persamaan kata

 

Disajikan kalimat simpulan dari teks yang sama, siswa dapat menentukan persamaan kata dengan tepat.

 

 

35

 

 

PG

17

3.11 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

8/2

3.11.1Mengidentifikasi fungsi sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Recount text

Disajikan teks recount tentang pengalaman pribadi (pengalaman liburan), siswa dapat menentukan tujuan

dari teks tersebut dengan tepat

 

 

 

36

 

 

 

PG

3.11.2Mengidentifi kasi gambaran umum

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan rincian deskripsi dari teks tersebut dengan tepat

 

 

37

 

 

PG

3.11.3 Menentukan makna kata

Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata dari kata yang digaris bawahi

dari teks tersebut dengan tepat

 

 

 

38

 

 

 

PG

18

3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

9/2

3.7.1 Mengidentifikasi fungsi sosial

 

 

Narrative Text

Disajikan teks Narrative tentang fabel/fairy tale, siswa dapat menentukan topik dari teks

tersebut dengan tepat

 

 

39

 

 

PG


 

NO

KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

       IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

 

 

 

3.7.2 Mengidentifikasi gambaran umum

 

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan rincian peristiwa dari teks

tersebut dengan tepat

 

 

40

 

 

PG

3.7.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan

Disajikan simpulan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan persamaan kata

dengan tepat

 

 

41

 

 

PG

3.7.4 Menetukan pesan moral

Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan pesan moral dari teks

tersebut dengan tepat

 

 

42

 

 

PG

19

3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

9/2

3.9.1Memahami isi teks

 

 

 

 

 

 

 

 

Report text

Disajikan teks report tentang tumbuhan / binatang langka,

siswa dapat menentukan persamaan kata sifat dengan tepat.

 

 

43

 

 

PG

3.9.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan

Disajikan teks report tentang tumbuhan / binatang langka,

siswa dapat menentukan persamaan kata kerja dengan tepat.

 

 

44

 

 

PG

3.9.3Mengidentifikasi unsur kebahasaan

Disajikan teks report tentang tumbuhan/ binatang, siswa dapat melengkapi dengan kata sambung yang

Tepat

 

 

45

 

 

PG


 

NO

     KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

         IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

23

3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

9/1

3.1.1Memberikan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman

 

 

 

Ungkapan congratulation/ selamat

 

Disajikan dialog rumpang, siswa dapat melengkapi dialog

dengan memilih ungkapan yang sudah disediakan

 

 

 

 

51

 

 

 

 

Essay

24

3.5 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)

7/2

3.5.1

Mengidentifikasikan fungsi sosial

 

 

 

 

Adjective

 

 

Disajikan gambar orang, siswa dapat mengidentifikasi sifat/

ciri-ciri benda dalam ruangan.

 

 

 

 

52

 

 

 

 

Essay

25

3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi

terkait produk dan jasa, sesuai

9/2

3.10.1

Mengidentifikasikan struktur teks

 

 

Advertisement

Disajikan teks fungsional berbentuk iklan, siswa dapat memberikan informasi terkait produk dan jasa

 

 

53

 

 

Essay


 

NO

 KOMPETENSI DASAR

KLS

/SMT

IPK

MATERI

INDIKATOR

NO

SOAL

JENIS

SOAL

 

dengan konteks penggunaannya

 

 

 

 

 

 

26

3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

9/1

3.4.1 Mengidentifikasi unsur kebahsaan

 

 

 

Procedure Text

 

Disajikan teks rumpang berbentuk prosedur, siswa dapat

melengkapi dengan kosa kata yang disediakan

 

 

 

 

54

 

 

 

 

Essay

27

4.8 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. (perhatikan unsur kebahasaan passive voice)

9/2

4.8.1 Mengidentifikasi unsur kebahsaan

 

 

 

 

 

Passive Voice

 

 

 

Disajikan kata-kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat yang bermakna

 

 

 

 

 

55

 

 

 

 

 

Essay

 


Edy Rustandi

Open Mind

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama