KISI KISI UM MTS MAPEL BAHASA INGGRIS 2022
BENTUK
SOAL : PILIHAN GANDA & Essay
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
1 |
3.3. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai
dengan konteks |
8/1 |
Memberikan dan merespon ungkapan prohibition |
Prohibition |
Disajikan
dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan larangan yang tepat |
1 |
PG |
2 |
3.4 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
menyuruh, mengajak, meminta ijin, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
8/1 |
Memberikan dan merespon ungkapan meminta izin. |
Asking for perrmission |
Disajikan
dialog rumpang siswaa dapat melengkapi dengan ungkapan meminta ijin yang
tepat |
2 |
PG |
3 |
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
9/1 |
Memberikan dan merespon ungkapan persetujuan |
Agreement |
Disajikan
dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan persetujuan yang tepat |
3 |
PG |
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
4 |
3.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan
dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive) |
7/1 |
Memberikan dan merespon ungkapan jati diri |
Jati diri |
Disajikan
dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan jati diri yang tepat |
4 |
PG |
5. |
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta
perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan
pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
8/1 |
Memberikan dan merespon ungkapan memberi pendapat |
Opinion |
Disajikan dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan
meminta/memberi pendapat dengan tepat |
5 |
PG |
6 |
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta
perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan
pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
8/1 |
Memberikan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman |
Checking
understanding |
Disajikan
dialog rumpang siswa dapat melengkapi dengan ungkapan mengecek pemahaman yang
tepat |
6 |
PG |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
7 |
3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/
pemberitahuan (notice), dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
8/2 |
3.12.1 Mengidentifikasi
fungsi sosial |
Notice |
Disajikan
teks fungsional pendek notice ditempat umum, siswa dapat menentukan dimana teks tersebut dijumpai |
7 |
PG |
3.12.2 Mengidentifikasi
fungsi sosial |
Disajikan
teks fungsional pendek notice ditempat umum, siswa dapat menentukan
tujuan/manfaat dari teks tersebut dengan tepat |
8 |
PG |
||||
3.12.3 Memahami isi teks |
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan rincian tindakan setelah membaca notice
tersebut dengan tepat |
9 |
PG |
||||
8 |
3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/
pemberitahuan (notice), dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks |
8/2 |
3.12.1 Mengidentifikasi
fungsi social |
Short
Message |
Disajikan teks
fungsional pendek pesan singkat kegiatan sehari-hari, siswa dapat menentukan
tujuan dari teks tersebut dengan tepat |
10 |
PG |
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
|
Penggunaannya |
|
3.12.2 Memahami isi teks |
|
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan rincian informasi dari teks tersebut dengan
tepat |
11 |
PG |
3.12.3 mengidentifikasi
unsur kebahsaan |
Disajikan
kutipan kalimat dari teks yang sama . Siswa dapat menentukan rujukan yang
tepat dari kata yang digaris bawahi. |
12 |
PG |
||||
9 |
3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta
informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya |
9/2 |
3.10.1 Mengidentifikasi
fungsi sosial |
Advertisement |
Disajikan
teks fungsional pendek iklan produk/jasa, siswa dapat menentukan sasaran
pembaca dari teks tersebut dengan tepat |
13 |
PG |
3.10.2 Memahami gambaran umum |
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan rincian deskripsi/unggulan dari iklan
tersebut dengan tepat |
14 |
PG |
||||
3,10.3 Mengidentifikasi
unsur kebahsaan |
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan makna kata/kata kerja passive voice dengan
tepat |
15 |
PG |
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
10 |
3.3 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan
memberi informasi terkait obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
9/1 |
3.3.1 Mengidentifikasi fungsi social |
Label |
Disajikan teks
fungsional pendek label produk kesehatah/ makanan/ minuman, siswa dapat
menentukan tempat dimana teks tersebut ditemukan
dengan tepat |
16 |
PG |
3.3.2 Memahami
gambaran umum |
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan rincian informasi terkait fungsi dari teks
tersebut dengan tepat |
17 |
PG |
||||
3.3.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan |
Disajikan
kalimat rumpang terkait dengan teks yang sama, siswa dapat menentukan kata
depan dengan tepat |
18 |
PG |
||||
11 |
3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/
pemberitahuan (notice), dengan
memberi dan Pmeminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan |
8/2 |
3.12.1Mengidentifikasi fungsi sosial |
Announcement |
Disajikan teks
fungsional pendek pengumuman kegiatan di luar sekolah, siswa dapat menentukan
tujuan/topik teks tersebut dengan tepat |
19 |
PG |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
|
konteks penggunaannya |
|
3.12.2 Memahami gambaran umum |
|
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan rincian informasi dari teks tersebut dengan tepat |
20 |
PG |
3.12.3
Menentukan persamaan kata |
Disajikan
kalimat rumpang terkait dengan teks yang sama, siswa dapat menentukan
persamaan kata dengan tepat |
21 |
PG |
||||
12 |
3.11 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs |
9/2 |
3.11.1 Mengidentifikasi fungsi sosial |
Lirik lagu |
Disajikan
teks fungsional pendek lirik lagu, siswa dapat menentukan topik teks tersebut dengan tepat |
22 |
PG |
3.11.2 Memahami makna kata |
Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat
menentukan makna kata yang digaris bawahi dari teks tersebut dengan tepat |
23 |
PG |
||||
13 |
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan
sederhana, sesuai |
7/2 |
3.7.1Mengidentifikasi fungsi sosial |
Descriptive text |
Disajikan teks
deskriptif orang/ binatang/ barang kesayangan, siswa dapat menentukan
topik/tujuan teks tersebut dengan tepat |
24 |
PG |
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
|
dengan konteks penggunaannya |
|
3.7.2 Memahami isi bacaan |
|
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan pikiran utama paragraf terakhir dari teks
tersebut dengan tepat |
25 |
PG |
3.7.3 Mengidentifikasi Unsur kebahasaan |
Disajikan
kata acak terkait dengan teks yang sama, siswa dapat menyusun kata-kata
tersebut menjadi kalimat yang benar. |
26 |
PG |
||||
14 |
3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
9/2 |
3.9.1 Mengidentifikasi fungsi sosial |
Report text |
Disajikan teks
report tentang tumbuhan langka/ binatang langka, siswa dapat menentukan
topik/dampak (akibat) setelah membaca teks tersebut dengan tepat |
27 |
PG |
3.9.2 Mengidentifikasi gambaran umum |
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat mengidentifikasi informasi rinci uang terdapat
dalam bacaan |
28 |
PG |
||||
3.9.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan |
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan rujukan kata tertentu yang terdapat dalam bacaan |
29 |
PG |
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
15 |
3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual, pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya |
9/1 |
3.4.1 Mengidentifikasi fungsi sosial |
Procedure text |
Disajikan teks
procedure tentang membuat makanan,
siswa dapat mengidentifikasi maksud/ tujuan penulisan teks procedure |
30 |
PG |
3.4.2
Mengidentifikasi struktur teks |
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan rincian langkah dari teks tersebut dengan tepat |
31 |
PG |
||||
3.4.3 Memahami persamaan kata |
Disajikan
kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan persamaan kata
dari kata yang digaris bawahi dengan tepat. |
32 |
PG |
||||
16 |
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
7/2 |
3.7.1
Mengidentifikasi fungsi sosial |
Descriptive
text |
Disajikan teks
deskriptif tentang tempat wisata/ gedung wisata , siswa dapat menentukan topik teks tersebut dengan tepat |
33 |
PG |
3.7.2 Mengidentifikasi gambaran umum |
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan pikiran utama paragraf dari teks
tersebut dengan tepat |
34 |
PG |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
|
|
|
3.7.3Memahami persamaan kata |
|
Disajikan
kalimat simpulan dari teks yang sama, siswa dapat menentukan persamaan kata
dengan tepat. |
35 |
PG |
17 |
3.11 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
8/2 |
3.11.1Mengidentifikasi fungsi sosial |
Recount
text |
Disajikan teks
recount tentang pengalaman pribadi (pengalaman liburan), siswa dapat menentukan tujuan dari teks tersebut dengan
tepat |
36 |
PG |
3.11.2Mengidentifi
kasi gambaran umum |
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan rincian deskripsi dari teks tersebut
dengan tepat |
37 |
PG |
||||
3.11.3 Menentukan makna kata |
Disajikan kutipan
kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata dari kata yang
digaris bawahi dari teks tersebut dengan
tepat |
38 |
PG |
||||
18 |
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait fairytales, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
9/2 |
3.7.1
Mengidentifikasi fungsi sosial |
Narrative Text |
Disajikan teks
Narrative tentang fabel/fairy tale, siswa dapat menentukan topik dari teks tersebut dengan tepat |
39 |
PG |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
|
|
|
3.7.2 Mengidentifikasi gambaran umum |
|
Disajikan teks
yang sama, siswa dapat menentukan rincian peristiwa dari teks tersebut dengan tepat |
40 |
PG |
3.7.3
Mengidentifikasi unsur kebahasaan |
Disajikan
simpulan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan persamaan kata dengan tepat |
41 |
PG |
||||
3.7.4 Menetukan pesan moral |
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan pesan moral dari teks tersebut dengan tepat |
42 |
PG |
||||
19 |
3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya |
9/2 |
3.9.1Memahami
isi teks |
Report
text |
Disajikan teks
report tentang tumbuhan / binatang langka, siswa dapat menentukan
persamaan kata sifat dengan tepat. |
43 |
PG |
3.9.2
Mengidentifikasi unsur kebahasaan |
Disajikan teks
report tentang tumbuhan / binatang langka, siswa dapat menentukan
persamaan kata kerja dengan tepat. |
44 |
PG |
||||
3.9.3Mengidentifikasi unsur kebahasaan |
Disajikan teks
report tentang tumbuhan/ binatang, siswa dapat melengkapi dengan kata sambung
yang Tepat |
45 |
PG |
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
23 |
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
9/1 |
3.1.1Memberikan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman |
Ungkapan
congratulation/ selamat |
Disajikan
dialog rumpang, siswa dapat melengkapi dialog dengan
memilih ungkapan yang sudah disediakan |
51 |
Essay |
24 |
3.5 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang,
benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective) |
7/2 |
3.5.1 Mengidentifikasikan
fungsi sosial |
Adjective |
Disajikan
gambar orang, siswa dapat mengidentifikasi sifat/ ciri-ciri benda
dalam ruangan. |
52 |
Essay |
25 |
3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta
informasi terkait produk dan jasa,
sesuai |
9/2 |
3.10.1 Mengidentifikasikan
struktur teks |
Advertisement |
Disajikan
teks fungsional berbentuk iklan, siswa dapat memberikan informasi terkait
produk dan jasa |
53 |
Essay |
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
KLS /SMT |
IPK |
MATERI |
INDIKATOR |
NO SOAL |
JENIS SOAL |
|
dengan konteks penggunaannya |
|
|
|
|
|
|
26 |
3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual, pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya |
9/1 |
3.4.1 Mengidentifikasi unsur kebahsaan |
Procedure
Text |
Disajikan
teks rumpang berbentuk prosedur, siswa dapat melengkapi
dengan kosa kata yang disediakan |
54 |
Essay |
27 |
4.8 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. (perhatikan unsur kebahasaan passive
voice) |
9/2 |
4.8.1 Mengidentifikasi unsur kebahsaan |
Passive Voice |
Disajikan
kata-kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat yang
bermakna |
55 |
Essay |